History desa Gemulung

Posted: 5 April 2011 in tentang Jepara
Tag:, ,

Desa Gemulung merupakan salah satu desa di Kecamatan Pecangaan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.Sebagai desa yang sedang berkembang menjadi desa mandiri, desa Gemulung tidak lagi hanya mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian masyarakatnya. Berbagai macam Unit Kegiatan Masyarakat ( UKM ) telah banyak berkembang di Desa yang terkenal akan produksi gula merah dan pertanian tebu ini, khususnya di wilayah kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Sektor Pertanian tetap menjadi sektor penting bagi sebagian besar masyarakat desa gemulung, namun adanya berbagai macam UKM ini tidak dapat dipungkiri telah berhasil menggeliatkan kembali roda perekonomian masyarakat desa Gemulung, sehingga tidak lagi hanya mengandalkan sektor pertanian tebu yang panen hanya sekali dalam satu tahun.

Unit Kegiatan Masyarakat ( UKM ) pengrajin perhiasan monel, pembuatan kerudung muslimah, peternak ayam dan ikan lele, serta pembuat makanan ringan tradisional seperti rengginang dan kerupuk singkong merupakan beberapa macam UKM yang tengah berkembang di desa Gemulung Kecamataan Pecangaan Kabupaten Jepara ini.

Secara Administratif, Desa Gemulung berbatasan langsung dengan desa Damarjati di sebelah timur, desa Banyuputih di sebalah selatan, desa Lebuawu di baratdaya, desa Pulodarat di sebelah barat, dan desa rengging di sebelah utara, yang kesemuanya termasuk dalam wilayah kerja Kecamataan Pecangaan Kabupaten Jepara.

Balai Desa Gemulung

Sistem Pemerintahan di desa Gemulung ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang lebih dikenal sebagai petinggi desa. Petinggi desa dibantu oleh seorang sekretaris desa ( Carik ) dan perangkat lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Selain perangkat desa, ada juga elemen “legislatif” yang disebut Badan Perwakilan Daerah ( BPD ) yang bertugas sebagai pembawa aspirasi masyarakat desa serta pengawas kegiatan pemerintahan di tingkat desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s